Macbook Repair - Mecnote

Cari Model Mac

Selasa, 9 Januari 2018

9 Aksesoris MacBook yang perlu dimiliki 


1. Kabel Adapter untuk Display


Sebagai student atau pekerja di pejabat, pasti kamu akan melalukan presentation di depan kawan atau rekan kerja. Untuk menghubungkan MacBook Pro ke LCD Projector, kamu memerlukan kabel display adapter yang tepat. Contohnya untuk pengguna MacBook Pro non Retina Display dan Retina Display, bisa menggunakan Mini Display to VGA Adapter. Opsi lain yang bisa digunakan oleh pengguna MBP Retina Display adalah kabel HDMI di port tersebut yang ada pada sisi kanan.

2. Kabel Thunderbolt


Kabel Thunderbolt generasi 1 dan 2 menggunakan port yang sama dengan Mini Display, boleh digunakan untuk beberapa kegiatan penting. Kamu bisa membeli kabel Thunderbolt dari Apple Store dan menggunakannya untuk Target Disk Mode, Target Display Mode atau penghubung ke hard disk eksternal dengan port Thunderbolt. Kecepatan transfer data yang  mencapai 10Gbps untuk memantapkan lagi  teknologi Thunderbolt 2 dan separuhnya pada generasi pertama.
Apple menjual Thunderbolt Cable dengan 2 warna iaitu hitam dan putih. Dari segi panjangnya, ada 2 edisi yaitu 0.5 meter dan juga 2 meter. Cadangan saya jika kamu ingin membeli kabel ini, pilih yang menggunakan panjang 2 meter agar lebih fleksibel terutama saat ingin menggunakan Target Display Mode.

3. Adapter untuk Port Ethernet


Pengguna MacBook Pro Retina pastinya sedar bahwa komputernya tidak memiliki port LAN alias Ethernet. Hal ini menjadi masalah terutama untuk kamu yang sering keluar negeri, menghinap di hotel tua yang tidak menyediakan kemudahan Wi-Fi, namun masih mempunyai kabel LAN. Solusi paling mudah adalah membeli adapter Thunderbolt to Gigabit Ethernet dari Apple. Aksesoris ini akan mengubah port Thunderbolt yang ada di MacBook Pro Retina Display atau mungkin MacBook Air agar dapat terhubung ke jaringan LAN.Solusi lain yang lebih murah adalah menggunakan adapter pihak ketiga dengan sambungkan USB to Ethernet. Untuk masalah pengaturan, silahkan masuk ke System Preferences – Network atau kamu juga bisa membaca halaman panduan dari aksesoris yang kamu gunakan ya.

4. Mouse


Jika kamu biasa menggunakan MacBook Pro untuk bekerja dengan arah kursor yang memerlukan detail tinggi, membeli mouse sebagai pengganti akses Trackpad adalah hal yang wajib. Ada bermacam jenis mouse macOS secara penuh alias memiliki aplikasi pengaturan tambahan. Bentuknya juga beragam – mulai dari mouse untuk kegiatan harian atau mungkin dengan desain futuristik, banyak tombol tambahan bagi kalangan gamers.

5. USB Hub


MacBook Pro non Retina Display dan Retina Display hanya dibekali dengan 2 port USB saja. Jika kamu punya banyak aksesoris tambahan dengan port USB, bisa membeli aksesoris USB HUB untuk mencabangkan kabel USB yang dibutuhkan. Mulai dari Mouse, Flash Drive atau mungkin Hard Disk eksternal dan kabel Lightning ke perangkat iPhone.
Tips untuk memilih USB HUB yang aman, pastikan kamu membeli dari jenis ternama dan sebisa mungkin dengan mode port listrik terpisah jika terdapat lebih dari 8 port USB. Beberapa jenis yang menarik dan mendapatkan banyak review positif adalah BelkinAnker, atau Juiced System.

6. Earphone untuk Penggemar Musik



Gunakan Earphone untuk mendengarkan musik atau film dari perangkat MacBook Pro kamu tanpa mengganggu privasi teman kerja. Kamu juga bisa menggunakan EarPods bawaan dari perangkat iPhone atau mungkin beli secara terpisah, sesuai budget dan selera musik yang sering kamu gunakan. Kebanyakan Earphone yang beredar di pasaran menggunakan port Jack Audio 3.5 mm yang dapat digunakan secara langsung di komputer Mac atau bisa juga menggunakan Earphone dengan koneksi Bluetooth.
7. Hard Disk Eksternal

Aksesoris hard disk eksternal rasanya sudah menjadi kebutuhan wajib untuk pengguan komputer. Fungsinya tentu saja untuk menyimpan data cadangan alias backup atau mode Time Machine alias mencadangkan data dan sistem dari komputer Mac yang kamu gunakan. Dengan menggunakan Time Machine, kamu bisa mengembalikan data yang hilang atau mengecek dokumen yang sama dalam versi penyimpanan beberapa waktu lalu.
Media penyimpanan data secara eksternal lainnya yang juga populer adalah Flash Drive. Kamu bisa membeli Flash Drive dengan beberapa pilihan kapasitas penyimpanan dan gunakan sesuai kebutuhan. Saya pribadi punya beberapa Flash Drive yang selalu ada di dalam tas dengan isian yang berbeda-beda. Dua Flash Drive pertama berisi bootable installer OS X El Capitan dan macOS Sierra, sedangkan Flash Drive ketiga berisi data dan dokumen pribadi.

8. Docking


Docking adalah aksesoris untuk meletakkan MacBook Pro agar dapat digunakan dalam sudut pandang yang lebih nyaman atau dilengkapi beberapa port tambahan. Merek Docking yang cukup terkenal adalah Henge Dock dengan bentuk vertikal atau horisontal. Produk ini menawarkan kelebihan berupa bentuk dan warna yang senada dengan komputer Mac serta port lebih lengkap.

9. Softcase atau Tas Laptop


Meskipun MacBook Pro sudah punya desain yang sangat okay, tidak ada salahnya untuk tetap membalutnya dengan softcase di saat bepergian. Kamu bisa mencari beragam case yang sesuai dengan selera pribadi, mulai dari bahan kain tebal yang lembut atau mungkin kerajinan kulit yang dibuat personal sesuai pesanan kamu. Tips dari tim MakeMac, pilih case yang sesuai dengan MacBook Pro yang kamu gunakan ya. Misalnya nih untuk case yang bertulisakan untuk MacBook Pro 13 inci Retina Display, biasanya akan terlalu sempit jika digunakan untuk MacBook Pro 13 non Retina Display.

Punya Aksesoris Lainnya?

Masih banyak lagi aksesoris menarik yang bisa kamu gunakan bersama MacBook Pro untuk kegiatan bekerja atau membuat tampilannya lebih personal. Seperti keyboard cover, stiker untuk bagian sekitaran logo Apple di depan atau mungkin cairan pembersih layar dan lap khusus. Dari 9 aksesoris di atas, mana yang menjadi pilihan kamu dan sering digunakan setiap hari? Atau mungkin kamu punya tambahan aksesoris menarik lainnya? Silahkan comment di ruangan comment ya!

Untuk mengatahui lebih lanjut silalah lawati website kami di Macnote Studio


Tak tahu dimana lokasi MACNOTE Seri Kembangan?


Anda boleh hubungi kami melalui:





Macnote Studio Seri Kembangan

Lot G.45 , Bazaar Rakyat PKPS,

Jalan Putra Permai 5/4,
Bandar Putra Permai,
43300 Seri Kembangan, Selangor

Waze  : Bazaar Rakyat PKPS

Google Maps : Bazaar Rakyat PKPS
E-mail  : macbookstationsk@gmail.com

Phone  : 03-8938 2344 /010-5267005
Tel : 010-5267005

Landmark : Cari Hotel M Design ( Tengok Gambar Diatas)

Waktu Operasi : Isnin - Ahad (10 a.m. - 9 p.m.) Setiap Hari


Tiada ulasan:

Catat Ulasan