Macbook Repair - Mecnote: Pengertian Hardware dan Software, Beserta Fungsi dan Contohnya

Cari Model Mac

Rabu, 10 Januari 2018

Pengertian Hardware dan Software, Beserta Fungsi dan Contohnya

Pengertian Hardware dan Software, Beserta Fungsi dan Contohnya



Pengertian Hardware dan Software - Dalam dunia komputer sudah sangat dikenal istilah Hardware dan juga Software, yang tidak pernah lepas dari pengertian komputer itu sendiri. Karena semua komponen tersebut merupakan satu kesatuan bersama perangkat komputer.

Pada artikel sebelumnya, kita sudah sempat membahas tentang definisi dan 
pengertian komputer secara umum. Serta ada sedikit pembahasan mengenai Hardware dan juga software secara singkat. Untuk pembahasan kali ini, kita akan mencoba untuk mengupas lebih dalam seputar pengertian hardware dan software, beserta fungsi dan contohnya masing-masing.

Komputer adalah sebuah perangkat elektronik, yang di dalamnya terdapat beberapa komponen penting. Komponen-komponen tersebut berperan sebagai penunjang dari kinerja perangkat komputer itu sendiri.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bahwa hardware maupun software merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Tanpa kehadiran kedua komponen tersebut, maka komputer desktop maupun laptop tidak akan dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Pengertian Hardware dan Software



Apa itu hardware dan software? Lalu apa saja fungsinya pada perangkat komputer? Sebelum membahas beberapa contoh hardware serta software dan berbagai macam fungsinya. Ada baiknya kita mengenali terlebih dahulu, pengertian atau definisi dari hardware dan software itu sendiri.

Jika dianalogikan, antara hardware dan software pada perangkat komputer itu, bagaikan kesatuan tubuh manusia. Dimana hardware menjadi organ tubuhnya, sementara software menjadi ruhnya, dan komputer merupakan tubuh secara keseluruhan.

Jika pada tubuh manusia tidak memiliki ruh ataupun organ tubuh, maka tubuh tersebut tidak akan dapat berfungsi dengan baik. Karena salah satu bagian dari tubuh tersebut tidak berfungsi, tanpa adanya komponen lain sebagai pendukungnya. Kira-kira seperti itulah, keterkaitan antara hardware dan software pada komputer.

1.Pengertian Hardware (Perangkat Keras)



Hardware adalah komponen perangkat keras, yang terdapat pada suatu perangkat komputer. Fungsi hardware sendiri adalah, sebagai media pengolahan data yang diinput oleh operator. Untuk selanjutnya data akan diproses menjadi data output yang berupa informasi.

Hardware dari segi fungsinya terbagi menjadi tiga jenis, yaitu masukan (input), pemerosesan (process), serta keluaran (output). Contoh dari ketiga jenis hardware atau perangkat keras tersebut, adalah sebagai berikut:
  • ·         Input Hardware: adalah perangkat keras yang digunakan untuk memasukan data ke dalam komputer. Contohnya: Keyboard, Scanner, Mouse, Microfon, Web Cam dan lain-lain.
  • ·         Process Hardware: adalah sekumpulan perangkat keras yang berfungsi untuk mengolah data, sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh operator, melalui Input Hardware. Contohnya: CPU (Central Processing Unit).
  • ·         Output Hardware: hardware ini berperan sebagai perangkat yang menampilkan data hasil olahan dari Process Hardware. Contohnya: Monitor, Printer dan Speaker.

2. Pengertian Software (Perangkat Lunak)



Software adalah perangkat lunak, istilah ini digunakan untuk data yang telah diformat, dan disimpan ke dalam media penyimpanan dalam bentuk digital. Berbagai macam program yang terinstal di dalam perangkat komputer, juga masuk dalam kategori software. Termasuk juga sistem operasi, yang digunakan pada komputer tersebut.

Fungsi software sendiri adalah sebagai pendukung dari perangkat keras, yang terdapat pada komputer. Operator menggunakan software, untuk memberikan instruksi kepada hardware, agar dapat bekerja sesuai perintah operator.

Sama halnya seperti hardware, software juga dapat dibagi menjadi tiga jenis, yakni:
  • ·         System Software: adalah software yang dirancang dan dikembangkan, untuk mengendalikan hardware. Contohnya: sistem operasi dan driver perangkat.
  • ·         Aplication Software: merupakan perangkat lunak yang digunakan, untuk mengolah data pada komputer. Contohnya: Ms.Office, Adobe Photoshop, Corel Draw dan lain-lain.
  • ·         Malware: software ini merupakan perangkat lunak, yang sengaja dibuat untuk merusak sistem komputer. Malware juga biasa digunakan, sebagai alat untuk melakukan pencurian data. Contoh dari Malware ini sendiri adalah virus dan juga Trojan.



SUMBER : santanublog

Untuk mengatahui lebih lanjut silalah lawati website kami di Macnote Studio


Tak tahu dimana lokasi MACNOTE Gombak?


Anda boleh hubungi kami melalui:
                         


Anda amat dialu-alu datang terus ke MACNOTE di Gombak:


KAMI DI GOMBAK ( BERDEKATAN GIANT BT CAVES DAN MCD SERI GOMBAK)
- 10 MINIT DARI KEPONG DAN SELAYANG
- 15 MINIT DARI SETAPAK DAN SENTUL
- 25 MINIT DARI BANGSAR DAN AMPANG 
- 30 MINIT DARI PUCHONG DAMANSARA DAN CHERAS





Ez Bro




14 ulasan: