Mecnote : Hard Disk Drive (HDD)

Cari Model Mac

Monday, 22 January 2018

Hard Disk Drive (HDD)

pengertian dan fungsi hard disk drive (hdd)
Pengertian Hard Disk Drive (HDD, ia juga disebut Hard Disk, Hard Drive atau Fixed Disk). Hard Disk Drive adalah tempat penyimpanan data yang digunakan untuk menyimpan dan mengambil informasi digital menggunakan disk yang dilapisi dengan bahan magnetik.

Fungsi Hard Disk Drive (HDD)

Sama halnya dengan pengertian hard disk, mengetahi fungsi hard disk itu sendiri juga merupakan hal yang sangat penting.
Pada awalnya, Hard Disk berfungsi untuk menyimpan Data Digital. Semua data yang Anda simpan di komputer, ada di hard disk. Bukan hanya dokumen, gambar, audio, dan video saja. Tetapi juga Program, note, dan bahkan Sistem Operasi komputer Anda semuanya disimpan di dalam hard disk komputer.
Jika hard disk komputer Anda rosak, maka Anda akan kehilangan semuanya. Itulah alasan sebagian besar orang atau perusahaan memiliki sebuah data cadangan (Backup Data). Mereka memiliki hard disk lain dan menyalin semua file penting mereka ke hard disk tersebut.

Sudah Tahu Pengertian Hard Disk Drive dan Fungsinya ? Mari Kita Lihat Lebih Jauh Lagi

Selain Pengertian Hard Disk Drive dan fungsinya, berikut beberapa hal penting lainnya yang perlu anda ketahui.

Seberapa Besar Kapasitas Hard Disk yang Anda Perlukan?

Semua data yang disimpan di hard disk memiliki kapasiti masing-masing. kapasiti file teks sangat kecil, sedangkan file gambar lebih besar, file audio lebih besar lagi, namun file videolah yang terbesar dari semuanya.
Hard Disk itu seperti skala, tidak mengetahui perbedaan jenis file yang ada di dalamnya, hanya ukuran file yang diketahuinya. Hard Disk mengukur file berdasarkan MegaByte (MB), GigaByte (GB), dan TeraByte (TB).
Secara kasarnya, 1 MegaByte sama dengan 1 juta Byte, 1 GigaByte sama dengan 1 milion Byte, dan 1 TeraByte sama dengan 1 trilion Byte.
Jika Anda hanya ingin menyimpan atau mem-backup beberapa file, maka Anda dapat menggunakan hard disk yang berkapasiti kecil (500 GB mungkin sudah lebih dari cukup). Namun jika anda ingin menyimpan atau mem-backup seluruh data komputer anda, atau bahkan beberapa komputer, atau jika anda menyimpan banyak file video atau audio, maka tentunya anda akan memerlukan hard disk dengan kapasiti yang lebih besar (mungkin 1 TB atau lebih).

Berapa Pentingkah Kecepatan Hard Disk ?

Saat Anda menghidupkan Komputer, menjalankan Program, membuka File, mendengarkan Lagu, atau melakukan hal lainnya menggunakan Komputer, pada saat itu anda sedang menggunakan hard disk yang ada di komputer anda. Disk yang ada di dalam hard disk berputar, semakin cepat disk itu berputar, semakin cepat pula komputer Anda dapat mengekses data yang anda berikan.
Jadi bisa disimpulkan bahwa hard disk dengan kecepatan 7200 RPM lebih cepat dibandingkan dengan hard disk yang memiliki kecepatan 5400 RPM. Itu artinya kecepatan komputer akan sangat dipengaruhi oleh kecepatan putaran disk yang ada di dalam hard disk komputer anda.
Bila menyimpan file atau aplikasi kecil di hard disk eksternal lalu membuka atau menjalankannya, Anda hampir tidak akan melihat adanya perbedaan dengan hard disk internal. Namun akan terlihat sangat jelas sekali bila anda membuka file dengan kapasiti yang lebih besar atau menjalankan aplikasi yang lebih besar.

Sebaiknya Memilih Hard Disk Internal atau External ?

Hard disk internal menyediakan penyimpanan data dengan kecepatan tertinggi. Sedangkan Hard disk eksternal akan memberi Anda penyimpanan dengan fleksibilitas yang lebih tinggi dan dapat digunakan bila Anda memerlukannya.
Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Hard disk internal harus dipasang secara praktikal dengan membuka komputer Anda, suatu hal yang tidak boleh dilakukan oleh sebagian orang yang tidak mahir. Namun file dan program Anda akan disimpan terus di komputer dan selalu ada bila Anda memerlukannya.
Sedangkan Hard disk eksternal anda boleh sambungkan ke komputer Anda melalui port yang ada di komputer. Anda bisa membawa file-file penting anda kemanapun anda pergi dan memindahkan data ke komputer manapun tanpa masalah.

Jenis-jenis Sambungan Hard Disk

Ada 4 cara dasar untuk menyambungkan hard disk Anda ke komputer:

USB

USB merupakan jenis sambungan yang paling umum digunakan, Anda tidak perlu menyiapkan apa pun. Boleh terus masukkan usb ke komputer/laptop, maka Komputer akan mengenali hard disk anda, dan Anda bisa membaca serta menyimpan file saat itu juga.

FireWire

masukkan dan gunakan seperti USB, FireWire jauh lebih cepat, sehingga cara ini sangat popular untuk mentransfer file video.

SATA

SATA merupakan sambungan standart untuk hard disk internal. SATA dapat memberi kecepatan transfer file yang paling tinggi dengan format apa pun.

eSATA

Jenis sambungan ini tidak banyak digunakan namun memiliki daya yang tinggi dan paling sering ditemukan di PC. Kecepatan daya sambungan eSATA hampir sama dengan hard disk internal.
credit to www.jejakwaktu.com

Semoga tips ini dapat membantu anda. 

Jangan lupa share ya.

Anda ada masalah dengan MacBook/Laptop/Iphone?

Slow

Rosak

Serangan Virus

Jangan risau!! 
Kami boleh bantu menyelesaikan masalah anda.. 

Tak tahu dimana lokasi 

MACNOTE STUDIO UIA Gombak?

Anda boleh hubungi kami melalui:

          ·   WhatsApp Abang M
          ·   Facebook Macnote studio
          ·   Careline 013 531 6110


Lot 1 As-Souq At-Tullab ,Mahallah Ali Ibn Talib, 
International Islamic University Malaysia, 
Universiti Islam Antarabangsa, 
53100 Jalan Gombak, 
Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur


Google Maps : Macnote Mobile
E-mail  : macbookstation@gmail.com


Waktu Operasi : Isnin - Ahad (10 a.m. - 9 p.m.) Setiap Hari



Anda boleh datang terus ke MACNOTE di UIA Gombak:

1. KAMI DI GOMBAK ( DALAM UIA GOMBAK)


- 15 MINIT DARI KEPONG DAN SELAYANG


- 25 MINIT DARI BANGSAR DAN AMPANG 


- 30 MINIT DARI SETAPAK DAN SENTUL


-40 MINIT DARI PUCHONG DAMANSARA DAN CHERAS

No comments:

Post a comment